Daftar Pengambilan Ijazah atau STTB

Halo Guru Loyal...
Setelah beberapa saat terhenti dari aktivitas menulis. Hari ini saya akan memulai kembali menerbitkan sebuah postingan yang penting dan dibutuhkan oleh dunia pendidikan.

Kali ini kami akan membahas tuntas pengertian daftar pengambilan ijazah atau STTB (Surat Tanda Tamat Belajar), manfaatnya bagi guru, komponen apa saja yang harus ada dalam daftar tersebut, dan seperti apa contoh format daftar pengambilan ijazah atau STTB yang dimaksud, serta bagaimana cara membuat dan mengisi daftar tersebut.

Langsung saja ke pembahasan selengkapnya.

Pengertian/ Definisi

Apa itu daftar pengambilan ijazah / STTB? Ini merupakan lembaran yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk menuliskan siswa atau orang tua siswa yang sudah atau belum mengambil ijazah dari guru wali kelasnya maupun dari sekolah secara langsung. Jadi, sederhananya daftar ini digunakan untuk mencatat nama-nama siswa atau orang tua yang belum dan/atau telah menerima ijazah.

Mengapa itu perlu dibuat? Dikarenakan kita manusia yang tak luput dari lupa, maka dengan adanya daftar tersebut ini bisa dijadikan bukti, siapa saja yang sudah mengambil dan mana yang belum. Tentunya ini dibuat untuk mengantisipasi adanya siswa/ orangtua yang lupa telah mengambil padahal ijazahnya sudah diambil dan hilang. Nah, dengan adanya daftar ini guru atau sekolah bisa melihat kejelasannya. Siapa yang benar dan mana yang lupa.

Manfaatnya bagi Guru

Secara tersirat, manfaatnya sudah bisa kita simpulkan di atas ya! Dengan adanya daftar tersebut guru dan/atau sekolah bisa tau mana saja yang ijazah / STTB-nya sudah diambil dan belum. Dengan kata lain, ini bermanfaat sebagai barang bukti atas pengambilan ijazah.

Komponen

Daftar tersebut terbentuk dari beberapa komponen di antaranya yaitu:

  • Judul
  • Tahun Pelajaran
  • Tabel (meliputi kolom nomor, tanggal pengambilan, nama siswa, nama orang tua, alamat, dan tanda tangan orang tua).

Contoh Format Daftar Pengambilan Ijazah/ STTB



Untuk contoh atau formatnya, supaya lebih fleksibel dan ringkas, saya akan membagikannya dalam bentuk gambar seperti dapat Anda lihat di bawah ini.

daftar-pengambilan-ijazah-atau-sttb



Cara Membuat

Untuk membuat daftar pengambilan ijazah atau STTB, Bapak Ibu guru bisa menggunakan word atau excel di komputer Anda. Buat daftar tersebut sebagaimana contoh format (pada gambar di atas). Jika di word, Anda bisa membuat tabel dengan cara "insert table" dengan jumlah kolom yang disesuaikan seperti di atas. Apabila membuatnya di excel bisa lebih mudah lagi karena Anda hanya mengisi setiap cell sesuai gambar yang ditayangkan.

Cara Mengisi Daftar Pengambilan Ijazah atau STTB

Pengisian daftar tersebut sebetulnya tidak perlu saya sampaikan karena sudah jelas. Bapak Ibu tentunya sudah memahami hal tersebut. Namun ini hanyalah pelengkap dari tulisan saya dan bukan untuk mengajari Bapak Ibu. Mohon maaf...


Ya, hanya itu yang mampu saya tulis dalam postingan terbaru hari ini, Pak... Bu...
Terima kasih sudah loyal pada situs ini.
Silakan bagikan ini jika bermanfaat bagi rekan guru di SD, SMP, SMA, SMK yang lainnya.
Akhir kata... Salam Guru Loyal...

0 Response to "Daftar Pengambilan Ijazah atau STTB"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

X

Bapak/Ibu Punya FB?

Like Fanspage kami untuk dapat pembaruan dari fb Anda

Contact Us

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...