Buku Panduan untuk Wali Kelas

Halo Guru Loyal...
Kabar baik untuk wali kelas yang ingin memiliki buku panduan wali kelas, karena di postingan ini admin akan membagikannya. Tapi sebelum itu, seperti biasa, admin akan membahas dulu apa itu buku panduan wali kelas, mengapa guru yang ditugaskan menjadi wali kelas perlu memilikinya, sasaran yang dituju oleh buku, apa saja daftar isinya, rincian dokumen, dan tentunya admin juga akan sharing document-nya agar dapat di-download.

buku panduan untuk wali kelas di SMP
Gambar cover buku


Kita langsung saja ya ke pembahasan?!

Apa itu Buku Panduan Wali Kelas?

Ini merupakan sebuah buku yang disusun oleh tim di sekolah (guru-guru yang diberi tugas tambahan sebagai wali kelas) dan tentunya dipercaya oleh kepala sekolah. Adapun itu disusun sedemikian rupa dengan tujuan sebagai pedoman kerja dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wali kelas. Secara sederhananya mungkin dapat didefinisikan demikian.

Mengapa Buku Panduan Wali Kelas Perlu Dimiliki?

Jika melihat pada pengertian di atas, jelas, bahwa buku panduan tersebut penting untuk dimiliki oleh wali kelas karena secara administrasi ini juga penting. Di samping itu, buku ini juga dapat mengingatkan guru pada tugas pokok dan fungsi sebagai wali kelas yang telah dipercaya kepala sekolah, sehingga setiap pekerjaan yang bersangkutan dengan ke-wali-kelas-an dapat dijalankan secara sistematis dan sesuai dengan visi dan misi sekolah, sehingga tujuan sekolah dapat tercapai.

Sasaran

Yang menjadi target atau sasaran dari buku ini adalah semua guru yang menjadi wali kelas di sekolah menengah pertama atau SMP sederajat (seperti MTs). Akan tetapi, sebenarnya, secara format, buku ini juga bisa dipergunakan oleh wali kelas di SMA/SMK. Kira-kira, itulah guru yang kami targetkan untuk memiliki buku yang dimaksud.

Daftar Isi

Buku panduan wali kelas yang guruloyal.com bagikan terdiri dari beberapa bagian atau BAB dengan daftar isi sebagai berikut:
  • Kata Pengantar
  • Visi dan Misi
  • Tugas dan Wewenang Wali Kelas 
  • Fungsi Wali Kelas (meliputi fungsi pengawasan dan penilaian, layanan dan bimbingan, fungsi penghubung, dan administratif)
  • Perlengkapan dan Perangkat Instrumen Wali Kelas (mencakup buku pribadi siswa, buku daftar kontak orang tua/ wali siswa, buku konsultasi, test EQ a.k.a tes emosional, 
  • Bentuk-bentuk Pembinaan
  • Musyawarah Guru Wali Kelas (mencakup forum diskusi dan pembelajaran bersama, serta forum evaluasi).
Begitulah daftar isi yang ada dalam buku panduan yang akan admin share dengan Bapak Ibu guru sekalian.

Rincian Document Buku

Agar menjadi pertimbangan bagi Bapak Ibu wali kelas, sekilas akan admin jelaskan rincian dokumen dari buku tersebut.

Rinciannya sebagai berikut:
  • Jenis/ Tipe dokumen adalah .doc
  • Jumlah halaman sebanyak 39 lembar termasuk cover atau sampul
  • Ukuran berkas sebesar 398 KB.
Silakan dipikirkan terlebih dahulu.
Apabila berminat, Bapak Ibu dapat mendownloadnya melalui tautan berikut.



Nah, itulah yang bisa kami bagikan pada postingan kali ini. Semoga Anda puas dengan pembahasan yang disajikan dan selamat bekerja dengan dokumen buku yang dibagikan sehingga Anda dapat segera menyusunnya.

0 Response to "Buku Panduan untuk Wali Kelas"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

X

Bapak/Ibu Punya FB?

Like Fanspage kami untuk dapat pembaruan dari fb Anda

Contact Us

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...