Teknik Penilaian Sikap dalam Kurikulum 2013 Revisi 2017

Di sini kami akan menyampaikan macam teknik penilaian yang digunakan dalam kurikulum 2013 revisi 2017 untuk menilai sikap siswa.

Teknik penilaian sikap merupakan cara-cara yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku siswa selama proses pembelajaran. Informasi mengenai sikap siswa dapat diperoleh baik secara langsung (melalui pengamatan atau observasi guru) maupun tidak langsung (melalui angket atau lainnya).

Apapun cara yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tersebut, tentunya cara itu harus mengacu pada aturan atau kurikulum yang berlaku.

Berikut ini beberapa teknik penilaian sikap berdasarkan k13 revisi 2017:

  1. Observasi - merupakan teknik yang digunakan guru untuk mengumpulkan informasi terkait sikap siswa dengan menggunakan lembar observasi (terbuka maupun tertutup)
  2. Penilaian Diri - merupakan teknik penilaian yang melibatkan siswa untuk menilai dirinya sendiri berdasarkan pendapatnya masing-masing (menilai pribadinya sendiri)
  3. Penilaian Antarteman - merupakan teknik penilaian dengan memanfaat rekan atau teman siswa pada satu kelas untuk menilai teman sebangku-nya sendiri (penilaian siswa terhadap siswa lainnya).
Nah, itulah macam teknik penilaian sikap dalam kurikulum 2013 yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran di kelas.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Mungkin Anda juga ingin mengetahui:

0 Response to "Teknik Penilaian Sikap dalam Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...