Contoh Rumusan Deskripsi untuk Capaian Kompetensi Sikap (Spiritual & Sosial)

Rumusan deskripsi capaian kompetensi sikap spiritual dan sosial merupakan sebuah deskripsi atau uraian singkat yang menggambarkan perilaku spiritual dan sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari di kelas atau di sekolah sebagai bahan dalam menentukan nilai siswa pada ranah afektif.

Rumusan yang digunakan umumnya berdasarkan pada 4 kategori predikat, yakni sangat baik, baik, cukup, dan Kurang. Kategori tersebut nantinya diberi deskripsi masing-masing.

Berikut ini contoh deskripsi untuk masing-masing predikat dalam pencapaian kompetensi sikap spiritual dan sosial:

1. Predikat "Sangat Baik" untuk sikap spiritual - Deskripsi: Selalu bersyukur, selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan, dan toleran pada pemeluk agama yang berbeda; ketaatan beribadah sudah berkembang.

2. Predikat "Baik" untuk sikap sosial - Deskripsi: Santun, peduli, dan percaya diri; kejujuran, kedisiplinan, dan tanggungjawab meningkat.

3. Predikat "Cukup" untuk sikap sosial - Deskripsi: Santun, cukup peduli, percaya diri, kejujuran meningkat, kedisiplinan mulai berkembang, dan tanggungjawab mulai meningkat.

Keterangan: deskripsi "kurang" tidak dituliskan di postingan ini karena itu jarang digunakan.

Demikian contoh deskripsi capaian untuk kompetensi sikap spiritual dan sosial yang dapat disampaikan. Perlu digarisbawahi, bahwa ini hanyalah contoh, rumusan yang sebenarnya bisa disusun sendiri berdasarkan kebutuhan masing-masing sekolah (SMP) atau guru (khususnya guru PABP dan PPKn).

Semoga postingan ini dapat memberikan gambaran bagi Bapak/Ibu sekalian yang mencari penerangan tentang hal yang dibahas di atas. Sekian dan terima kasih telah membaca.

0 Response to "Contoh Rumusan Deskripsi untuk Capaian Kompetensi Sikap (Spiritual & Sosial)"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

X

Bapak/Ibu Punya FB?

Like Fanspage kami untuk dapat pembaruan dari fb Anda

Contact Us

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...