Lembar Instrumen Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan DIKLAT (Kuesioner)

Di akhir kegiatan DIKLAT, Panitia penyelenggara semestinya mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Itu bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan atas penyelenggaraan DIKLAT tersebut agar di kemudian hari segala kekurangan yang ditemukan dapat diperbaiki, sehingga pelaksanaan DIKLAT dapat berjalan dengan baik.

Evaluasi bisa dilakukan secara tertutup maupun terbuka. Evaluasi yang dilaksanakan secara tertutup biasanya diikuti oleh sesama Panitia penyelenggara, sedangkan evaluasi terbuka umumnya melibatkan orang lain (dalam hal ini peserta DIKLAT).

Evaluasi secara tertutup ataupun terbuka, meski teknisnya berbeda akan tetapi tujuannya sama, yaitu mencari kekurangan dalam kegiatan untuk ditemukan solusinya di waktu yang akan datang.

Saat ingin melaksanakan evaluasi terbuka, maka Panitia harus membuat kuesioner yang ditujukan untuk peserta. Selanjutnya kuesioner (lembar instrumen evaluasi yang berisi pertanyaan yang dirumuskan Panitia) diisi oleh peserta agar Panitia dapat mengetahui apa kekurangan yang terdapat selama kegiatan DIKLAT dilaksanakan.

Pada kesempatan ini, kami mencoba untuk membagikan lembar instrumen evaluasi pelaksanaan DIKLAT berupa kuesioner.

Lembar tersebut kami bagikan/tujukan kepada Panitia penyelenggara DIKLAT secara umum (baik DIKLAT Kurikulum 2013 ataupun yang lainnya dalam ranah pendidikan).

Manfaat lembar evaluasi (kuesioner) tersebut yaitu:

  • Dapat dijadikan alat pengumpul data dari peserta mengenai pelayanan dalam DIKLAT
  • Hasilnya dapat dijadikan sebagainya bahan introspeksi untuk melakukan perbaikan di masa depan.
Instrumen tersebut memuat pertanyaan mengenai akomodasi dan konsumsi, pelayanan panitia, dan penyelenggaraan. Di samping pertanyaan itu terdapat beberapa pilihan jawaban yang harus diisi peserta. Jawabannya meliputi: sangat kurang, kurang, cukup, baik, dan sangat baik.

Jika ingin mengetahui bentuknya (contoh format-nya), berikut ini disediakan gambarnya.

lembar instrumen evaluasi pelaksanaan kegiatan diklat (kuesioner)

Demikian lembar kuesioner yang dapat dibagikan. Semoga itu dapat dijadikan contoh untuk mengumpulkan data dari peserta terkait pelayanan dalam DIKLAT yang diikutinya.

0 Response to "Lembar Instrumen Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan DIKLAT (Kuesioner)"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...