Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) Penggunaan Mikroskop

Salam Guru Loyal...
Masih tetap pada postingan bertema laboratorium sekolah.
Sesuai dengan judul di atas, pada kesempatan ini kami membagikan contoh SOP penggunaan mikroskop. Standar operasional prosedur (disingkat SOP) ini ditujukan bagi guru IPA atau Biologi yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala lab dan/atau laboran di laboratorium sekolah (SMP dan/atau SMA).

Sebelumnya ke contohnya, akan lebih baik lagi apabila kita membahas terlebih dahulu mengenai definisi, fungsi, dan komponen yang dicantumkan dalam SOP penggunaan mikroskop.

SOP atau kepanjangan dari standar operasional prosedur merupakan administrasi yang berisi gambaran singkat mengenai prosedur yang harus dilakukan atau diikuti sebagai pedoman kerja. Berkaitan dengan penggunaan mikroskop, maka prosedur operasional standar tersebut berisi sebuah gambaran mengenai aturan atau tata cara yang harus dipraktikkan dalam menggunakan mikroskop dari pengambilan sampai penyimpanan kembali ke tempatnya.

Fungsi utama SOP tersebut yaitu memberikan arahan kepada para siswa atau pengguna tentang cara menggunakan mikroskop yang benar sesuai dengan ketentuan.

Komponen SOP yang dimaksud antara lain:

  • Kop
  • Tujuan pembuatan/ penyusunan
  • Ruang lingkup
  • Definisi
  • Referensi
  • Cara penggunaan
  • Pengesahan (yang mengesahkan SOP).

Contohnya bisa dilihat pada gambar berikut.

contoh sop penggunaan mikroskop (untuk kepala lab IPA SMP dan lab Biologi SMA)

Demikian postingan terbaru kami kali ini tentang SOP. Semoga bermanfaat bagi kepala lab IPA di SMP, dan/atau bagi kepala lab biologi di SMA dalam menyusun salah satu administrasi laboratorium yang dibutuhkan.

0 Response to "Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) Penggunaan Mikroskop"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...