Contoh Format Kisi-kisi Soal untuk SD, Terbaru 2017

Dalam postingan ini kami membagikan contoh format kisi-kisi soal yang terbaru (sesuai kurikulum 2013 revisi 2017). Ini dapat digunakan sebagai acuan oleh guru kelas maupun guru mapel (penjaskes, atau PAI) di sekolah dasar dalam menyusun kisi-kisi soal (baik soal ulangan harian, PAS dan/atau PAT).

Sebelum ke contohnya, akan lebih baik apabila membaca terlebih dahulu pembahasan singkat mengenai pengertian, fungsi, dan manfaat kisi-kisi soal.

Pengertian:
Kisi-kisi soal merupakan suatu administrasi guru yang memuat rancangan atau gambaran soal-soal yang akan dibuat untuk diujikan kepada siswa dalam ulangan/ ujian/ atau tes tulis (pilihan ganda maupun uraian).

Fungsi:
Kisi-kisi berfungsi sebagai sarana untuk memudahkan guru dalam membedakan soal berdasarkan level kognitif-nya. Juga sebagai rancangan untuk mempermudah penyusunan soal.

Tambahan:
Level kognitif merupakan tingkatan kecakapan atau kemampuan kognitif seseorang (dalam hal ini adalah siswa atau peserta didik). Level kognitif dibedakan menjadi 3 (tiga), yaitu level 1, 2 dan level 3.
Level 1 dibedakan menjadi C1 (mengingat) dan C2 (memahami); Level 2 sama dengan C3 (mengaplikasikan); dan Level 3 dibedakan menjadi C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta).

Manfaat:
Kisi-kisi soal tentunya bermanfaat sebagai suatu bagian administrasi guru yang berkenaan dengan evaluasi pembelajaran atau penilaian.

Komponen:
Berdasarkan K13 revisi 2017, kisi-kisi soal SD harus mencantumkan (atau terdiri dari) beberapa komponen yang menyusunnya, antara lain:
  • Identitas kisi-kisi (meliputi judul, jenjang pendidikan, mata pelajaran, kurikulum, kelas, jumlah soal, dan bentuk soal)
  • Tabel (terdiri dari kolom nomor urut, kompetensi dasar, kelas, materi, indikator soal, level kognitif, nomor soal, dan bentuk soal).
Demikian pembahasan singkat mengenai pengertian, fungsi, manfaat dan komponen kisi-kisi soal terbaru sesuai kurikulum 2013 revisi 2017 untuk jenjang SD.

Untuk memperlengkap pembahasan, berikut ini contoh format kisi-kisinya.

contoh format kisi-kisi soal terbaru untuk sd sesuai kurikulum 2013 revisi 2017

Download:

Demikian sharing kita pada kesempatan ini.
Mudah-mudahan bermanfaat.
Selamat bekerja dengan contoh kisi-kisi yang dibagikan.

0 Response to "Contoh Format Kisi-kisi Soal untuk SD, Terbaru 2017"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...