Contoh Format Analisis Kebutuhan Alat & Bahan Praktikum IPA

Dalam menunjang kegiatan praktikum IPA, guru maupun pengelola lab mesti melakukan telaah atau analisis terhadap kebutuhan alat & bahan untuk praktikum sehingga pelaksanaannya lancar. Tanpa menganalisis kebutuhan alat dan bahan praktikum, mungkin praktik yang dilaksanakan oleh guru dan siswa di lab hanya dilaksanakan dengan alat dan bahan seadanya. Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan analisis tersebut.

Dalam kesempatan baik ini, menindaklanjuti pengantar postingan di atas, kami membagikan contoh format analisis kebutuhan alat & bahan praktikum IPA. Ini ditujukan bagi guru, terutamanya yang bertugas juga sebagai kepala di laboratorium IPA pada jenjang SMP sederajat (MTs.).

Sebelum itu, di bawah ini akan dibahas terlebih dahulu tentang pengertian, fungsi, dan manfaat dari analisis tersebut.

Berikut ini pembahasannya.

Pengertian:
Analisis kebutuhan alat bahan praktikum IPA merupakan kegiatan mengkaji kebutuhan lab terhadap alat dan bahan yang akan digunakan untuk melaksanakan praktek terkait materi IPA. Analisis tersebut didasarkan pada KD atau Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran IPA yang bersifat action (mengamati, atau melakukan percobaan). Dari sanalah akan diketahui apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk praktikum.

Fungsi:
Sebagaimana tersirat pada "pengetian" di atas, bahwa fungsi analisis tersebut yaitu untuk mengetahui alat-alat atau bahan-bahan apa yang dibutuhkan untuk melaksanakan praktikum IPA (misalnya: dilaksanakan praktek tentang larutan asam-basa, maka alat yang dibutuhkan yaitu lakmus atau pH meter, adapun bahannya yaitu air cuka, H2SO4 atau lainnya).

Manfaat:
Setelah menganalisis kebutuhan peralatan & bahan praktikum, nantinya itu mesti dicatat dalam sebuah lembar analisis alat & bahan praktek secara manual pada format yang disediakan, sehingga itu dapat dimanfaatkan sebagai administrasi laboratorium.

Bagaimana bentuknya?
Berikut ini contoh atau formatnya.

contoh format analisis kebutuhan alat & bahan praktikum ipa (untuk guru atau kepala lab di SMP/MTs)

Download:
Contoh format analisis kebutuhan alat dan bahan praktikum IPA (*.doc)

Demikian pembahasan dan document terkait analisis kebutuhan alat bahan praktek IPA yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat bagi guru, terutama yang ditugaskan sebagai kepala laboratorium IPA di sekolah menengah pertama (atau madrasah tsanawiyah) guna melengkapi administrasi yang harus dimiliki.

0 Response to "Contoh Format Analisis Kebutuhan Alat & Bahan Praktikum IPA"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...