Kartu Pemeliharaan Mesin Kantor Sekolah

Salam Bapak/Ibu tenaga administrasi sekolah bidang sarana & prasarana yang bekerja di SMP maupun di SMA.

Pada postingan ini, kami akan membahas apa itu (definisi) kartu pemeliharaan mesin kantor, maksud dan tujuan pembuatannya, manfaat kartu tersebut bagi tenaga administrasi di sekolah, serta contoh format kartu pemeliharaan mesin kantor tersebut.

Baiklah, kita ke pembahasannya langsung.

Definisi:
Kartu pemeliharaan mesin kantor yaitu sebuah kartu yang dibuat sebagai sarana untuk mencatat riwayat pemeliharaan suatu mesin yang ada di kantor (dalam hal ini yaitu kantor sekolah). Pemeliharaan (perawatan) itu bisa berupa service atau perbaikan mesin yang rusak.

Maksud dan tujuan:
Pembuatan kartu tersebut maksudnya yaitu agar penanggung jawab dapat melaporkan waktu perawatan, frekuensi, dan biaya yang sudah dikeluarkan untuk merawat mesin yang dipegangnya. Adapun tujuannya yaitu untuk memudahkan dalam mendata dan memeriksa kelayakan mesin berdasarkan frekuensi (seringnya) perawatannya. Sehingga, jika terlalu sering, maka penanggung jawab bisa mengganti mesin itu dengan yang baru karena perawatannya dinilai sudah tidak efisien.

Manfaat:
Kartu pemeliharaan atau perawatan mesin kantor itu dapat dimanfaatkan oleh penanggung jawab sebagai sebagai bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban aset sekolah dan pertanggungjawaban dana BOS (jika perawatan itu menggunakan dana tersebut).

Contoh Format:
Kartu pemeliharaan mesin kantor sekolah mencakup beberapa bagian, diantaranya yaitu: Nomor kartu, nama Pemegang/ Penanggung jawab mesin, nama Sekolah dan Alamatnya; Judul "Kartu Pemeliharaan Mesin Kantor"; Identitas mesin mencakup macam/ jenis mesin, merek/ tahun produksi, nomor mesin, ukuran, asal mesin, perlengkapan, waktu mulai dipakai; Uraian (data) yang disajikan dalam bentuk tabel yang memuat keterangan waktu atau tanggal pemeliharaan mesin, jenis pemeliharaan (apakah service atau perbaikan), dan biaya yang dikeluarkan.

Agar lebih jelas, Bapak/Ibu bisa melihat gambar contoh formatnya di bawah ini.

contoh format kartu pemeliharaan (perawatan) mesin kantor di sekolah
Download:

Catatan tambahan:
  • Untuk mengisi tabel kartu di atas, Bapak/Ibu cukup menyesuaikannya dengan data sebenarnya (fakta) di lapangan. Isi tabelnya berdasarkan kolom keterangan paling atas.
  • Jika ingin membuatnya sendiri, seperti biasa, Anda dapat membuatnya di Ms Word atau Excel dengan mengikuti gambar yang disediakan di atas.
Nah, demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan. Semoga pembahasan ini dapat memberikan penerangan bagi Bapak/Ibu yang di sekolahnya (SMP atau SMA) diberi tugas menjadi penanggung jawab mesin yang ada di kantor.

Belum ada Komentar untuk "Kartu Pemeliharaan Mesin Kantor Sekolah"

Posting Komentar

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...