Contoh Format Kartu Inventaris Ruangan Sekolah

Selamat datang di guruloyal.com

Dalam postingan kategori administrasi sekolah ini dibahas 3 hal terkait kartu inventaris ruangan sekolah, yaitu definisi, fungsi, dan contoh formatnya. Pembahasan ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai ketiga hal tersebut, sehingga pembaca dapat mengetahuinya.

Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Definisi:
Kartu inventaris ruangan sekolah adalah sebuah lembar kertas (disajikan dalam bentuk tabel) yang dibuat untuk mencatat barang-barang yang ada di ruangan tertentu di sekolah. Catatan itu umumnya memuat tahun pembuatan atau pembelian barang, nomor kode, jumlah (dalam satuan), harga beli, keadaan barang (dari baik hingga rusak berat), dan sumber dana (jika barang itu hasil membeli).

Fungsi:
Sebagaimana dibahas dalam "definisi" di atas, fungsi dari kartu inventaris ruangan ini adalah untuk mencatatkan barang atau inventaris yang terdapat di semua ruangan di sekolah (termasuk ruang kantor tata usaha, kepala sekolah, ruang guru, kelas, perpustakaan, ruang laboratorium, dan lain-lain).

Tujuan pencatatan:
Mendata barang di setiap ruangan agar dapat diketahui kondisinya. Selain itu, pencatatan tersebut juga dilakukan dalam rangka menjalankan tugas dalam menginventarisasi barang-barang di sekolah.

Contoh format:
Kartu inventaris memiliki 3 bagian utama, yaitu: judul, identitas kartu inventaris, tabel (isi informasi terkait barang), dan mengetahui kedua belah pihak (kepala sekolah dan pengurus barang).

Bagian Judul yaitu "Kartu Inventaris Ruangan"; Identitas kartu inventaris memuat nama sekolah dan ruangan yang didata; Tabel memuat kolom-kolom dengan keterangan tahun pembuatan atau pembelian, kode barang, jumlah, harga, kondisi barang (baik-kurang-rusak berat), sumber dana; Mengetahui kepada sekolah dan pengurus barang.

Contoh formatnya bisa dilihat pada gambar berikut.

contoh format kartu inventaris ruangan di sekolah

Download contoh format kartu inventaris ruangan sekolah:
  • Berupa file document (.doc) - disini
  • Berupa file excel (.xls) - disini.
Demikian pembahasan dan file (.doc dan .xls) yang dapat disampaikan/dibagikan. Semoga ini bermanfaat bagi pengurus barang di sekolah dasar, SMP, SMA atau SMK, dan satuan pendidikan sederajat (madrasah).

0 Response to "Contoh Format Kartu Inventaris Ruangan Sekolah"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...