Contoh Buku Daftar Penggunaan Alat Peraga Pendidikan

Alat peraga pendidikan merupakan sarana yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Penggunaan alat tersebut bertujuan untuk membantu mempermudah peserta didik (siswa) dalam memahami materi pelajaran atau konsep yang membutuhkan sumber belajar selain buku teks, sehingga pembelajaran lebih bersifat konkrit.

Alat peraga pendidikan yang ada di sekolah bisa diperoleh dari bantuan pemerintah (hibah) atau membuat sendiri. Dari manapun sumber perolehannya, itu tentunya harus dirawat dengan baik, karena merupakan salah satu inventaris sekolah.

Dalam rangka merawatnya, tenaga administrasi sekolah pada bidang sarana tentunya harus mendata siapa saja guru yang menggunakan, agar alat peraga itu dapat dikontrol dengan baik. Sehingga apabila suatu saat terjadi kerusakan, maka guru dapat bertanggung jawab (memperbaiki atau mengganti) alat tersebut.

Untuk mendata guru yang menggunakan alat peraga pendidikan di sekolah, tenaga administrasi sarana prasarana membutuhkan sebuah buku yang berguna untuk membuat list penggunaan alat itu. Berdasarkan hal tersebut, dalam artikel ini dibagikan contoh buku daftar penggunaan alat peraga pendidikan.

Contoh buku itu ditujukan bagi tenaga administrasi sekolah (SD SMP SMA) yang bertugas mengurusi sarana dan prasarana. Diharapkan itu dapat bermanfaat sebagai referensi dalam pembuatannya.

Sudah dibahas di atas, bahwa buku tersebut dapat digunakan atau berfungsi untuk mendata (mencatat) setiap penggunaan alat peraga pendidikan oleh guru. Maksudnya agar alat  dapat terkontrol setiap waktu sehingga apabila rusak maka setidaknya dapat diketahui penyebab kerusakannya dan alat tidak hilang begitu saja.

Contoh buku daftar penggunaan alat peraga pendidikan yang dibagikan terdiri atas sampul atau cover luar dan isi.

Covernya diberi tulisan seperti berikut:

BUKU DAFTAR PENGGUNAAN ALAT PERAGA PENDIDIKAN
TAHUN PELAJARAN ..../....

(LOGO SEKOLAH/MADRASAH)

(NAMA SEKOLAH/MADRASAH)
(ALAMAT)

Adapun isi buku tersebut berbentuk tabel. Setiap kolom teratas pada tabel itu diberi keterangan, terdiri dari - Nomor; Tanggal; Nama Alat; Jumlah atau Banyaknya; Pemakai (Nama Guru dan Kelas); Tanggal Kembali; dan Ket..

Agar lebih jelas, contoh buku bisa dilihat di bawah ini.

contoh format buku daftar penggunaan alat peraga pendidikan (untuk di sekolah/madrasah)

  1. Seperti biasa, untuk membuatnya sendiri, Anda bisa menggunakan Ms Word dengan melihat tampilan di atas
  2. Cara pengisiannya menurut kami sudah cukup jelas, karena kita hanya menyesuaikan isi dengan masing-masing kolom keterangan pada isi (tabel) buku daftar pemakaian alat peraga pendidikan tersebut.
Demikian yang dapat ditulis pada kesempatan ini.

Semoga buku tersebut bermanfaat bagi semua tenaga administrasi sekolah (SD SMP SMA SMK) atau administrasi madrasah (MI MTs MA) di Indonesia yang membutuhkan atau sedang mencarinya. Sehingga ini dapat dijadikan suatu acuan dalam pembuatan buku tersebut, guna menunjang pekerjaan tenaga administrasi di sekolah maupun madrasah.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Buku Daftar Penggunaan Alat Peraga Pendidikan"

Posting Komentar

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...