Cara Registrasi Online untuk Menjadi Anggota Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional RI (Republik Indonesia) kini dapat dikunjungi secara online. Tentunya ini memudahkan para pelajar (siswa dan mahasiswa) dan masyarakat umum yang berkewarganegaraan Indonesia (WNI) dalam menikmati/menggunakan layanan perpustakaan online untuk mencari referensi berupa buku digital (PDF) yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

Untuk menggunakan layanan tersebut, orang-orang yang disebutkan di atas (siswa, mahasiswa, dan umum) tentu diwajibkan menjadi anggota terlebih dahulu.

Apa saja persyaratan untuk menjadi anggota perpusnas? Berikut ini syarat-syarat yang mesti dipenuhi:

  1. Siswa (minimal tingkatan SMA), mahasiswa, dan masyarakat umum. Jadi orang-orang tersebut punya hak untuk jadi anggota
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di ruang keanggotaan Lantai 2 Perpustakaan Nasional (lokasi di Jl. Medan Merdeka Selatan nomor 11 - Jakarta)
  3. Menunjukkan kartu identitas sesuai statusnya masing-masing (siswa bisa menggunakan kartu pelajar, mahasiswa juga demikian, dan masyarakat umum bisa menggunakan KTP)
  4. Memberikan nomor yang aktif (dapat dihubungi)
  5. Kartu anggota juga bisa digunakan untuk layanan terbuka perpusnas RI, kecuali bagi orang yang domisili-nya di luar jakarta-bogor-tangerang-bekasi (Jabotabek)
  6. Masa berlaku kartu anggotanya selama 10 (sepuluh) tahun.


Jika telah memenuhi persyaratan di atas, Saudara bisa langsung mendaftarkan diri secara online ke perpusnas RI. Adapun cara (langlah-langkah) pendaftarannya sebagai berikut:

  • Masuk (akses) di URL ini > http://keanggotaan.perpusnas.go.id (Baca lagi pesyaratan dan ketentuan lainnya yang tampak setelah Saudara mengakses URL tersebut, bila penjelasan di atas kurang jelas)
  • Jika sudah paham, Saudara dapat mengklik tombol "Lanjutkan Pendaftaran" (berwarna biru) yang berada pada samping kanan atas tampilan website-nya
  • Setelah itu Saudara akan diarahkan pada formulir pendaftaran. (Baca terlebih dahulu petunjuk pengisian formulirnya dengan saksama agar formulir dapat diisi dengan benar)
  • Lanjutkan pengisian formulirnya
  • Centang "saya menyatakan data..."
  • Tekan "Enter"
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.


Cara registrasi (melakukan pendaftaran) anggota perpustakaan nasional RI secara online yang dapat kami sampaikan.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Disclaimer:
Artikel ini ditulis hanya sebagai pengetahuan dan informasi saja.

Belum ada Komentar untuk "Cara Registrasi Online untuk Menjadi Anggota Perpustakaan Nasional"

Posting Komentar

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...