Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS

Rekapitulasi realisasi penggunaan dana BOS merupakan suatu proses pembuatan laporan akhir berisi ringkasan/ikhtisar tentang realisasi penggunaan dana bantuan operasional sekolah untuk pengembangan 8 standar pendidikan berdasarkan RKAS (rencana kegiatan dan anggaran sekolah).

Manfaat dibuatnya rekapitulasi tersebut yaitu:

  • Sebagai bentuk laporan atas terealisasi atau tidaknya semua kegiatan yang sudah direncanakan dan kesesuainnya dengan anggaran yang telah ditetapkan
  • Sebagai pelengkap laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana BOS pada setiap triwulan (baik triwulan 1-4)
  • Memenuhi tertib administrasi pelaporan dana BOS.
Untuk melakukan rekapitulasi, tentunya kita membutuhkan sebuah format. Format rekapitulasi tersebut memang tidak memiliki bentuk yang baku karena semuanya didasarkan pada kegiatan sekolahnya masing-masing. Meski demikian, format rekapitulasi penggunaan dana BOS sebaiknya mengacu pada kegiatan pengembangan delapan standar pendidikan (SNP) sebagaimana disebutkan di atas.

Jika demikian, tentunya jenis-jenis kegiatan yang dilakukan pada setiap sekolah akan berbeda karena kebutuhannya juga berbeda.

Di sini kami akan membagikan format rekapitulasi penggunaan dana BOS yang dapat Anda jadikan sebagai acuan/contoh untuk membuatnya.

Contoh format rekapitulasi yang dibagikan meliputi bagian-bagian seperti:
  • Judul dokumen (sesuai judul artikel di atas)
  • Periode dana BOS (misalnya januari sampai dengan april)
  • Triwulan ke berapa
  • BOS pada tahun pelajaran ke berapa
  • Nama sekolah
  • Desa/ Kecamatan
  • Kabupaten/ Kota
  • Provinsi
  • Tabel penyajian data hasil rekapitulasi
  • Mengetahui (kepala sekolah dan bendahara).
Untuk bagian tabel terdiri dari kolom sebagai berikut:
  1. Nomor urut
  2. Nama/jenis kegiatan (mengacu pada pengembangan 8 SNP yakni kegiatan pengembangan kompetensi lulusan, standar isi dan proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan pembiayaan, serta pengembangan dan implementasi sistem penilaian)
  3. Penggunaan dana BOS untuk setiap kegiatan berdasarkan jenisnya, meliputi: pengembangan perpustakaan, penerimaan siswa baru, kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, ulangan dan ujian, pembelian bahan habis pakai, langganan daya & jasa, perawatan sekolah, pembayaran honorarium bulanan guru honor dan tenaga kependidikan lainnya, pengembangan profesi guru, membantu siswa kurang mampu, pembiayaan pengelolaan BOS, pembelian perangkat komputer, biaya lainnya (apabila masih ada sisa), dan kolom jumlah keseluruhan biaya yang digunakan/dikeluarkan dari dana BOS.
Yang kami sampaikan di atas hanya contoh saja.
Apabila jenis kegiatan yang dilaksanakan di sekolah (SD/SMP/SMA) tempat Bapak/Ibu bekerja tidak demikian, maka Anda dapat mengubah/menyesuaikan kegiatannya.

Berikut ini contoh atau format-nya.

contoh format rekapitulasi realisasi penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS SD,SMP dan SMA)
Klik gambarnya untuk memperbesar tampilan

Semoga pembahasan singkat dan sederhana ini dapat memberikan sedikit wawasan bagi kita semua yang membacanya. Serta mudah-mudahan file yang kami share dengan Bapak/Ibu melalui tautan di atas bermanfaat sebagai pelengkap LPJ dana BOS pada setiap triwulan.

0 Response to "Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana BOS"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

X

Bapak/Ibu Punya FB?

Like Fanspage kami untuk dapat pembaruan dari fb Anda

Contact Us

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...