Contoh Desain Buku Tabungan Siswa SD

Kali ini kami akan sharing file dengan Bapak/Ibu Guru kelas di SD terkait contoh desain buku tabungan siswa dengan tampilan sederhana yang dibuat menggunakan ms word. Desain buku tabungan itu meliputi bagian luar atau sampul (depan & belakang), dan bagian dalam atau lembar isi.

Sebelum melihat desain yang kami maksud, ada baiknya apabila Bapak/Ibu menyimak terlebih dahulu pembahasan berikut ini.

Buku tabungan siswa ialah sebuah buku saku (berukuran kecil) yang berfungsi sebagai bukti fisik dan sarana untuk mencatatkan uang yang masuk dan keluar (disetor dan ditarik) oleh siswa atau orangtua dalam kurun waktu yang tidak ditentukan.

Di sebagian SD, tabungan siswa hanya dapat ditarik pada akhir tahun pelajaran. Artinya, siswa atau orangtua nya hanya diperbolehkan mengambil uang tabungan sekali dalam satu tahun, mungkin agar jumlah uangnya banyak saat dibagikan pada waktu kenaikan kelas.

Sebagaimana disebutkan di atas.
Manfaat utama dari buku tersebut yaitu:
  • Sebagai media pencatatan setoran (sejumlah uang) yang ditabungkan dan/atau diambil
  • Sebagai bukti fisik bagi siswa atau orangtua (buku tersebut akan berguna untuk menunjukkan berapa besar saldo tabungan. Tujuannya yaitu untuk mengantisipasi hal-hal seperti hilangnya uang atau rekapitulasi data tabungan siswa. Maka, dengan adanya buku tabungan itu kita dapat menunjukkan jumlah uang yang dimiliki kepada guru yang mengelola tabungan itu).
Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian dan manfaat buku yang dimaksud.

Selanjutnya, mari kita lanjutkan ke contoh desain-nya.

Anda dapat melihatnya melalui gambar berikut.

desain buku tabungan siswa sd


Atau bisa juga melihatnya melalui tampilan docs di bawah ini.


Seperti yang dapat dilihat pada tampilan docs di atas. Buku tabungannya terdiri dari sampul depan, isi dan sampul belakang.

Sampul depan memuat identitas seperti nama sekolah dasar, nama siswa (nasabah), NIS (nomor induk siswa), kelas dan tahun pelajaran.

Bagian isi berupa tabel dengan 6 buah kolom yang terdiri dari keterangan: 1) Nomor urut; 2) Tanggal (tanggal berapa siswa menabung uangnya); 3) Setoran (diisi berdasarkan jumlah uang yang disetor dalam rupiah); 4) Penarikan (sejumlah uang yang ditarik, jika ada); 5) Saldo (jumlah keseluruhan uang tabungan); dan 6) Paraf (tanda berupa tulisan yang diberikan oleh guru sebagai bukti telah dilakukannya transaksi).

Bagian sampul belakang memuat kata-kata bijak tentang menabung.

Jika menginginkan contoh di atas, Bapak/Ibu dapat mendownloadnya melalui tautan berikut.
Jika berencana ingin menabungkan uang di Bank, Anda mungkin ingin membaca jenis tabungan di bank yang mungkin cocok untuk siswa.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan ke hadapan Bapak/Ibu Guru yang saat ini sedang membaca artikel ini. Mudah-mudahan desain yang dibagikan beserta file (.doc) pada tautan di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat buku tabungan tersebut dengan men-cetak-nya sendiri.

0 Response to "Contoh Desain Buku Tabungan Siswa SD"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

X

Bapak/Ibu Punya FB?

Like Fanspage kami untuk dapat pembaruan dari fb Anda

Contact Us

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...