Contoh Buku Kas Bendahara Kelas

Buku kas bendahara kelas merupakan pembukuan keuangan bertujuan untuk mengelola uang kas yang diperoleh dari iuran harian/mingguan/bulan siswa di kelas. Buku kas tersebut umumnya memuat data pemasukan dan uang pengeluaran yang digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan untuk keperluan kelas. Selain berfungsi sebagai media pencatatan, buku tersebut juga berfungsi sebagai laporan bendahara kelas kepada guru atau wali kelasnya.

Mengingat pentingnya itu bagi siswa yang ditugaskan sebagai bendahara kelas, maka dalam postingan ini kami membagikan contoh atau formatnya.

Buku kas bendahara kelas yang dimaksud kami tujukan bagi guru di SD atau wali kelas di SMP/SMA/SMK agar dapat menyampaikannya kembali kepada siswa yang ditunjuk menjadi bendahara. Tujuannya yaitu agar siswa tidak kebingungan saat akan mengelola pemasukan dan pengeluaran, sehingga pembukuan keuangannya pun dapat tertata dengan baik.

Jika semuanya sudah benar, maka Bapak atau Ibu selaku guru/wali kelas dapat mengetahui dengan jelas berapa uang yang diperoleh dan dipakai dalam jangka waktu tertentu (misalnya sehari, se-minggu, atau bahkan se-bulan).

Buku kas kelas (pemasukan dan pengeluaran) ini secara keseluruhan berbentuk tabel terdiri dari beberapa kolom. Setiap kolom pada bagian teratas memuat keterangan.

Tabel pada buku pemasukan uang kas kelas terdiri atas kolom:
  • Nomor
  • Nama siswa
  • Kas/ uang iuran minggu ke 1-2-3-4-5
  • Keterangan.
Untuk lebih jelasnya bisa melihat contohnya melalui gambar berikut.

buku pemasukan uang kas kelas


Adapun tabel pada buku pengeluaran uang kas kelas terdiri dari kolom:
  • Nomor
  • Tanggal penggunaan uang kas
  • Untuk keperluan/pembelian...
  • Jumlah uang yang dikeluarkan/terpakai
  • Keterangan.
Agar lebih jelas, silakan untuk melihat contohnya pada gambar berikut.

buku pengeluaran uang kas kelas


Kemudian...

Di samping itu, bendahara kelas juga perlu memiliki buku kas umum yang berguna dalam mencatat setiap besaran uang yang didapat dan dikeluarkan, serta saldo akhir pada kas kelas tersebut. Tujuannya yaitu untuk memudahkan dalam melihat keseluruhan uang yang masuk, keluar, dan uang yang masih tersisa.

Contohnya bisa dilihat di bawah.

buku kas umum keuangan kelas


Jadi, untuk mengelola uang kas, bendahara kelas harus memiliki tiga macam buku, yakni: buku catatan pemasukan, pengeluaran, dan buku kas umum.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai contoh buku kas bendahara kelas. Semoga postingan ini bermanfaat bagi guru/wali kelas dan/atau siswa yang sedang mencari informasi tentang macam-macam buku yang diperlukan oleh bendahara kelas dan contoh atau formatnya.

Lihat juga:
Contoh desain buku tabungan siswa

0 Response to "Contoh Buku Kas Bendahara Kelas"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...