Memilih Siswa yang Tepat untuk Dijadikan Ketua Kelas

Salam Guru Loyal...

Membentuk organisasi kelas dengan baik dapat menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan guru dalam me-manage kelas, nantinya. Dengan demikian, guru perlu memiliki kemampuan memilih siswa yang akan dijadikan/dimasukkan ke dalam susunan organisasi kelas, mulai dari ketua murid dan wakilnya, sekretaris, bendahara dan jabatan lainnya.

Kita jangan menganggap sepele hal itu karena memilih siswa-siswa untuk dijadikan perangkat kelas ini benar-benar penting dan menentukan keberhasilan suatu kelas, terutama dalam hal prestasinya.

Berdasarkan hal itu, dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara memilih siswa yang tepat untuk dijadikan ketua kelas atau disebut juga KM (ketua murid).

Mengapa hanya ketua kelas?
Karena setelah Bapak/Ibu memahami cara memilih ketua kelas yang tepat, itu dapat dijadikan gambaran dalam memilih siswa lainnya untuk diberikan jabatan kelasnya masing-masing.


Cara dan Langkah-langkah untuk Memilih Siswa yang Tepat Dijadikan Ketua Kelas


Berikut ini cara/langkah-langkah saya untuk memilih ketua kelas yang tepat:

Langkah Pertama;

Sebelum Ibu/Bapak menyerahkan semua keputusan siapa yang akan menjadi KM di kelas kepada para siswa, lebih baik Anda melihat dan mengkaji karakter siswa dengan sebuah tes. Tujuannya yaitu untuk memilih siapa calon ketua yang paling cocok. Anda dapat menggunakan pertanyaan khusus untuk mereka jawab. Usahakan pertanyaan itu harus membutuhkan jawaban yang bijaksana agar karakter pemimpin dalam diri siswa dapat kita lihat jelas.


Langkah Kedua;

Analisa jawaban siswa atas pertanyaan yang Anda ajukan. Analisa jawaban mereka dan pilih 3 siswa dengan jawaban yang terbaik.


Langkah Ketiga;

Serahkan semua keputusan pada siswa lainnya dalam memilih KM untuk kelasnya.


Langkah Kelima;

Setelah ketua kelas terpilih, maka berikan kesempatan kepada KM untuk menentukan sekretaris, bendahara dan semua sie-sie di kelas.

Itulah langkah-langkah memilih siswa yang tepat untuk menjadi ketua kelas.


Perlu diingat. Cara di atas sangat cocok diterapkan di SMP dan SMA.

Kalau Bapak/Ibu adalah seorang Guru di sekolah dasar, sebaiknya kita sendiri lah yang menentukan ketua kelasnya. Alasannya yaitu karena siswa di SD cenderung masih membutuhkan bimbingan penuh dari guru kelasnya.

Sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan pada artikel ini.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tetaplah menjaga suasana demokratis di kelas. Biarkan mereka yang memilih. Kita hanya berperan sebagai pembimbing/pamong bagi siswa/siswi kita.

Belum ada Komentar untuk "Memilih Siswa yang Tepat untuk Dijadikan Ketua Kelas"

Posting Komentar

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...