Format Program Tindak Lanjut Supervisi Akademik

Program tindak lanjut supervisi akademik merupakan rencana yang dibuat/dirancang oleh kepala sekolah untuk menindaklanjuti hasil supervisi pada bidang akademik seperti pelaksanaan pembelajaran dsb.. Tujuan utamanya dilaksanakannya program itu adalah untuk memperbaiki atau mengembangkan mutu sekolah agar lebih baik, dan guru merupakan sasaran utama dari program tindak lanjut ini.

Manfaat program tersebut yaitu sebagai dokumentasi bagi kepala sekolah mengenai apa bentuk tindak lanjut yang diterapkan untuk setiap guru berdasarkan skor (kualitatif & kuantitatif) yang diperolehnya dari hasil supervisi akademik dan bagaimana realisasi tindak lanjutnya.

Lalu bagaimana format-nya?
Format program tindak lanjut supervisi akademik memuat nama sekolah, tahun pelajaran yang berlaku atau sedang dijalani, dan tabel pengisian data yang dibutuhkan.

Tabel itu terdiri atas beberapa kolom dengan masing-masing keterangan, diantaranya:

  • Nomor
  • Nama Guru
  • Mata Pelajaran
  • Kelas
  • Hasil Skor (Kualitatif & Kuantitatif)
  • Catatan Khusus
  • Tindak Lanjut
  • Realisasi
  • Saran.
Dan pada bagian akhir dibubuhi tanda tangan kepala sekolah.

Agar lebih jelas, silakan Bapak/Ibu lihat formatnya melalui gambar berikut.


contoh/format program tindak lanjut supervisi akademik
Klik gambar untuk memperbesar tampilannya

Untuk cara pengisian pada poin "hasil skor", "catatan khusus"dan "tindak lanjut", silakan disesuaikan dengan hasil supervisi guru (yang diberikan oleh pengawas sekolah).

Untuk lebih memantapkan pemahaman kita terhadap hal ini, silakan untuk membaca artikel tentang instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran.

Mungkin hanya itu saja yang dapat disampaikan dalam artikel ini.
Mudah-mudahan pembahasan yang sederhana ini bermanfaat, dan format program-nya juga dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap administrasi kepala sekolah dalam hal supervisi akademik pada tahun pelajaran 2017/2018 ini.

Belum ada Komentar untuk "Format Program Tindak Lanjut Supervisi Akademik"

Posting Komentar

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...