Contoh Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran

Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran adalah alat penilaian (assessment) yang digunakan dalam kegiatan supervisi terhadap pembelajaran di kelas oleh pengawas dan/atau kepala sekolah terhadap guru yang di-supervisi.

Instrumen tersebut nantinya akan menghimpun sekumpulan data yang diperlukan berdasarkan kriteria atau aspek-aspek yang diamati dari guru terkait proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kemudian aspek tersebut akan ditelaah. Penelaahan mengacu pada penampilan guru saat memimpin pembelajaran di dalam kelas. Dan ini tentunya ter-fokus juga pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bersangkutan.

Setelah supervisor (kepala sekolah/pengawas) menelaah proses pembelajaran-nya, maka guru akan diberi skor atau nilai berdasarkan performa nya.


Berdasarkan pembahasan di atas, manfaat instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran yaitu:

  • Sebagai alat pengumpulan data, sekaligus sebagai assessment alat penilaian terhadap guru dalam segi kinerja-nya
  • Sebagai acuan bagi supervisor dalam melakukan penilaian terkait pelaksanaan pembelajaran pada suatu sekolah (satuan pendidikan).
Secara lengkap, instrumen supervisi pembelajaran memuat hal-hal berikut.
  1. Judul instrumen
  2. Nama Guru
  3. Mata pelajaran
  4. Topik/tema yang dibahas saat pelaksanaan supervisi
  5. Tabel instrumen (terdiri dari keterangan seperti: nomor, aspek yang diamati dalam pembelajaran, hasil telaah berisi pilihan "Ya" dan "Tidak" yang maksudnya membenarkan atau tidak membenarkan suatu aspek tertentu dimiliki guru, skor yang diperoleh guru dari hasil penelaahan, dan catatan supervisor bagi guru terkait supervisi yang dilaksanakan misalnya berupa masukan atau tanggapan lainnya)
  6. Pedoman pen-skor-an atau penilaian yang dilengkapi dengan keterangan predikat untuk masing-masing nilai, misalnya: nilai 90-100 memiliki predikat amat baik dan sebagainya.
Contoh instrumen supervisi pembelajaran dapat dilihat melalui gambar berikut.

contoh instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran (dikenal juga dengan supervisi kelas)

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan pada artikel ini.
Semoga pembahasan singkat dan sederhana ini dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi kita semua.
Bagi Bapak/Ibu Pengawas sekolah atau pun kepala sekolah di SD, SMP, SMA dan/atau di SMK, mudah-mudahan contoh instrumen yang kami sharing-kan bermanfaat.

0 Response to "Contoh Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

X

Bapak/Ibu Punya FB?

Like Fanspage kami untuk dapat pembaruan dari fb Anda

Contact Us

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...