Cookie Consent by Privacy Policies Generator

Pedoman Penilaian Hasil Belajar dalam KTSP

pedoman penilaian hasil belajar siswa dalam ktsp untuk pegangan guru sma
Gambar hasil screen short dokumen

Berdasarkan standar pendidikan nasional, penilaian termasuk 1 dari 8 standar yang harus ada dalam penyelenggaraan pendidikan, termasuk juga pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa. Penilaian terhadap siswa dilakukan sebagai suatu cara untuk mengukur kompetensi yang dimilikinya.

Kita mengetahui bahwa dalam kurikulum 2006 atau dikenal juga dengan KTSP. Nilai siswa dikategorikan menjadi 3 aspek atau ranah, yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan).

Tiga penilaian tersebut tentunya harus mengikuti rule aturan yang berlaku agar penilaian yang dilakukan tidak keluar dari jalur nya. Berdasarkan hal itu, di artikel ini, izinkan kami untuk membagikan pedoman penilaian hasil belajar siswa yang berlaku dalam KTSP.

Pedoman tersedia dalam bentuk file (.ppt), atau lebih populer disebut hand-out. Adapun ini kami tujukan bagi guru-guru di SMA.

Melalui pedoman yang dibagikan, Bapak/Ibu dapat mempelajari bagaimana cara melakukan penilaian hasil belajar siswa yang benar berdasarkan aturan KTSP, baik dalam hal kognitif, afektif maupun psikomotor.

Materi pedoman penilaian ini diperoleh dari kegiatan DIKLAT (Pendidikan & Pelatihan) Implementasi KTSP.

Di dalam pedoman tersebut terdapat beberapa materi penting yang perlu dipahami guru guna memperdalam kompetensi atau keilmuan guru (terutama dalam aspek pedagogik).

Materi-materi tersebut terdiri dari:

  • Definisi penilaian
  • ciri penilaian oleh pendidik (belajar tuntas, autentik, berkesinambungan, berdasarkan acuan/kriteria, menggunakan berbagai cara & penilaian)
  • Teknik penilaian diantaranya penilaian unjuk kerja (performance), penugasan (proyek), penilaian hasil kerja (produk), penilaian tertulis (paper & pen), portofolio, penilaian sikap, penilaian diri (self assessment)
  • Manfaat hasil penilaian
  • Ketuntasan belajar, dan
  • Pelaporan (rapor).
Itu lah isi materi yang terdapat pada pedoman yang dimaksud.

Selanjutnya.

Bagi Bapak/Ibu guru yang mengajar di SMA, jika ingin menambah wawasan dalam hal pedagogik (penilaian KTSP), Anda bisa memiliki panduan yang kami maksud dengan mendowload file ppt nya melalui tautan di bawah ini.
Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa dipahami oleh Bapak/Ibu sekalian yang membacanya. Dan mudah-mudahan apa yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi kita semua dalam menunjang profesi sebagai guru.

0 Response to "Pedoman Penilaian Hasil Belajar dalam KTSP"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel