Cookie Consent by Privacy Policies Generator

Contoh Program Komite Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018

Contoh program komite sekolah - Setiap pekerjaan yang bersifat formal tentunya harus direncanakan dengan baik (terprogram). Begitu juga dengan pekerjaan yang dijalani oleh komite sekolah. Untuk menghasilkan kinerja yang maksimal, sebuah program tentunya harus dibuat dengan sebaik mungkin agar apa yang dikerjakan hasilnya bisa memuaskan.

Terkait dengan hal tersebut, dalam artikel ini guru loyal membagikan sebuah file dengan tipe doc, yaitu contoh program kerja komite sekolah. Sekolah yang dimaksud yaitu SMP. Ini merupakan format program kerja tahun ajaran 2017/2018.

Sebelum membagikan file, ada baiknya apabila menyimak terlebih dahulu pembahasan tentang apa itu komite sekolah, garis besar tugas dan fungsi komite.

Komite sekolah merupakan tim yang ditunjuk untuk melakukan penggalangan dana dengan upaya kreatif & inovatif. Selain itu, komite juga memiliki tugas lain yaitu mengontrol dan memastikan bahwa suatu sekolah memiliki mutu yang baik.

Dengan kata lain, komite memiliki peran sebagai agen controlling yaitu mengawasi pelayanan sekolah. Lain dari itu, tim ini juga dapat mempertimbangkan pelaksanaan kebijakan di suatu sekolah terkait program sekolah, RAPBS atau RKAS, kriteria kinerja dan fasilitas pendidikan di suatu sekolah, serta kerjasama antara sekolah dengan pihak luar.

Untuk lebih meningkatkan wawasan kita mengenai ilmu ke-komite-an, Bapak/Ibu dapat membaca buku yang membahas tentang komite sekolah secara lengkap.

Kembali lagi ke topik utama kita tentang program kerja.
Itu disusun oleh tim dengan maksud dapat menjalankan peran dan fungsinya sebagai komite. Adapun manfaat program itu sendiri yaitu sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan tugas.

Kaitannya dengan program komite sekolah yang kami bagikan, tujuannya sama, yaitu memberikan contoh program agar dapat menyusunnya sehingga tugas sebagai komite dapat terlaksana dengan baik.

Berikut ini susunan dari program komite tersebut.
Susunan program:
  • Pendahuluan - terdiri dari: dasar hukum, maksud dan tujuan, serta sasaran
  • Program komite - terdiri dari: penjabaran tentang tujuan, peran dan fungsi komite, agenda, program kerja jangka pendek-menengah-jangka panjang
  • Teknik pelaksanaan program - terdiri dari: organisasi (perangkat, kepengurusan, struktur organisasi, job description, AD/ART, fasilitas penunjang
  • Teknik membangun komite yang efektif
  • Pelaksanaan program komite sekolah berdasarkan temuan (masalah yang ditemukan)
  • Penutup.
Itu lah susunan atau urutan program kerjanya.

contoh program kerja komite sekolah di tingkat SMP untuk tahun pelajaran baru 2017/2018


Bagi Bapak/Ibu yang bertugas sebagai komite di SMP dapat mendownload nya.
Semoga pembahasan mengenai apa itu komite dan tugasnya; serta contoh program kerjanya dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya untuk komite sekolah yang ingin menyusun program tersebut demi menunjang tugasnya.

Mungkin Anda ingin membaca: contoh SK komite sekolah

0 Response to "Contoh Program Komite Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel