Surat Keterangan Telah Memiliki NISN

Sejak ditetapkannya sistem nomor induk nasional di Indonesia, setiap siswa yang telah menyelesaikan pendidikan di SD diwajibkan memiliki nomor induk siswa nasional atau NISN. Nomor tersebut akan dikeluarkan oleh pusat pendataan siswa nasional setelah melewati proses pengajuan. NISN yang diperoleh, ke depannya akan berlaku hingga siswa tersebut tamat sekolah sampai jenjang SMA.

Mengingat hal itu, tentunya kepala sekolah harus sigap dalam memperjuangkan agar NISN para siswa di SD dapat diterbitkan setelah mereka lulus dari sekolah, sehingga mereka nantinya tidak menemukan kendala saat mendaftar ke SMP.

Ketika siswa akan mendaftar ke SMP, biasanya akan diminta surat keterangan NISN dari SD-nya. Lagi-lagi ini harus dibuat oleh kepala sekolah agar proses pendaftarannya berjalan lancar.

Berdasarkan hal tersebut, di sini kami akan membagikan contoh surat keterangan telah memiliki NISN. Contoh surat ini kami tujukan kepada kepsek atau kepala sekolah yang bertugas di SD, agar pada saat surat tersebut dibutuhkan, sekolah dapat memenuhinya untuk syarat pendaftaran siswa-siswi nanti.

Manfaat dari surat keterangan ini diantaranya yaitu:

  • Sebagai bukti bahwa siswa telah memiliki nomor induk siswa nasional sehingga keberadaannya diakui baik oleh sekolah asalnya dan lebih jauhnya oleh negara (pemerintah)
  • Sebagai pelengkap syarat pendaftaran siswa baru (bila diminta).

Secara umum, surat keterangan tersebut memuat bagian-bagian seperti:
  • Kepala surat atau KOP
  • Nomor
  • Keterangan kepala sekolah
  • Mencantumkan identitas dan NISN yang dimiliki siswa.

Berikut ini formatnya.


format surat keterangan memiliki NISN




Semoga pembahasan dan format surat yang di share dalam artikel ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu sekalian yang sedang mencari dan ingin mengetahui bagaimana bentuknya.

0 Response to "Surat Keterangan Telah Memiliki NISN"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...