Materi Kompas, dan Tanda Jejak Pramuka

Selamat datang Pembina Pramuka yang kami hormati. Di artikel ini kami membahas dua materi pramuka yang terdiri dari materi kompas & tanda jejak. Dua materi tersebut kami sediakan dalam bentuk file powerpoint presentation (.ppt).

Satu persatu pembahasan-nya dapat di baca di bawah.

Materi tentang Kompas

Kompas merupakan suatu alat navigasi yang berfungsi untuk menentukan arah mata angin. Seperti kita ketahui, kompas akan berguna ketika satu/beberapa orang (regu pramuka) menjelajah ke tempat yang belum didatangi sebelumnya dengan maksud agar tidak tersesat di jalan.

Pada zaman dahulu (sebelum teknologi maju), kompas terbuat dari magnet yang berbentuk jarum. Arah mata angin yang ditunjuk pun hanya ada 2, yakni utara dan selatan. Namun, setelah teknologi maju, kompas ada yang berbentuk analog dan ada yang digital.

Sekarang ini kompas terdiri dari beberapa macam, diantaranya:
  • Kompas biasa
  • Kompas bidik
  • dan kompas silva.
Ada beberapa bagian penting yang menyusun alat tersebut, yaitu:
  • Pembidik sasaran atau disebut visir
  • Dial (bagian yang menunjukkan huruf "U", "S", "B", dan "T"), dan penutupnya
  • Jarum penunjuk arah
  • Pegangan kompas.

Materi tentang Tanda Jejak

Tanda jejak merupakan kode untuk memberikan informasi dari satu atau kelompok orang kepada yang lain. Sama seperti kompas, tanda jejak juga berfungsi sebagai penunjuk jalan kepada orang lain yang melihatnya, agar tidak tersesat di perjalanan.

Benda-benda yang biasa digunakan untuk tanda jejak antara lain yaitu:
  1. Ranting
  2. Rumput
  3. Cat, dan
  4. Batu.

Sekian dulu pembahasan yang dapat disampaikan.

Materi Kompas, dan Tanda Jejak Pramuka


Materi selengkapnya dapat Bapak/Ibu download dalam bentuk ppt melalui tautan berikut.
Jika ingin menyampaikan materi tersebut dalam kegiatan latihan mingguan, lihat juga contoh rencana pelaksanaan kegiatan pramuka.

Artikel yang singkat dan sederhana ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Di samping itu, semoga hand out materi yang disediakan bisa berguna dalam kegiatan pramuka mingguan yang dilaksanakan di GUDEP (Gugus Depan) nya masing-masing.

0 Response to "Materi Kompas, dan Tanda Jejak Pramuka"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...