Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Seni Musik di SMP

Ekstrakurikuler seni musik pada sekolah menengah pertama merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan keterampilan siswa dalam bidang musik. Selain itu, ekstrakurikuler tersebut juga dapat menumbuhkan jiwa estetis pada diri siswa, sehingga mereka memiliki rasa dan budi pekerti yang halus.

Dikarenakan ekstrakurikuler seni musik termasuk kegiatan yang diminati oleh banyak siswa, maka tentunya akan banyak sekali siswa yang masuk dan mengikuti kegiatan ini. Itu artinya guru seni budaya yang mengajar dan diberi tugas tambahan sebagai pembina akan mendidik banyak siswa.

Apakah Bapak/Ibu juga demikian?

Seperti judul di atas, pada kesempatan ini kami menyempatkan diri untuk berbagi (sharing) dengan Bapak atau Ibu yang menjadi pembina ekskul seni musik di SMP. Yang kami share adalah contoh program kerja ekstrakurikuler seni musik.

Kami berharap semoga ini dapat:
  • Dijadikan sebagai bahan dalam membuat atau menyusun program yang akan dibuat setelah ini
  • Memberikan gambaran bagaimana format program ekstrakurikuler seni musik yang ada di tingkat SMP
  • Memudahkan penyusunan, sehingga program lebih cepat selesai.

Kemudian.

Berikut ini susunan program kerjanya:
  • Jilid (cover)
  • Lembar pengesahan/ persetujuan
  • Kata pengantar
  • Pendahuluan - diantaranya terdiri atas latar belakang program, landasan hukum, tujuan & sasaran dari kegiatan, waktu & tempat, harapan & target pencapaian program
  • Rincian kegiatan (latihan) - diantaranya yaitu latihan vokal (paduan suara), berlatih alat musik ansambel (recorder, gitar, pianika), musik karawitan degung, dan permainan band
  • Penutup.

Itu lah pembahasan tentang manfaat dan susunannya.

Selanjutnya.

Bapak/Ibu dapat mengunduh atau download-nya dalam bentuk dokumen (doc file) apabila membutuhkannya. Setelah mendapatkannya, Bapak/Ibu dapat mengeditnya di Word yang ada pada komputernya masing-masing.

Mohon maaf apabila program kerjanya kurang sempurna. Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan dan kami hanya menyuguhkan yang kami bisa berikan.

Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Seni Musik di SMP

Akhirnya, semoga file yang dibagikan dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya bagi pembina yang melatih seni musik di SMP (termasuk MTs) di mana pun Anda berada.

Salam hormat.
Admin Guru Loyal.

0 Response to "Contoh Program Kerja Ekstrakurikuler Seni Musik di SMP"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel