Berita Acara Kerusakan Barang Inventaris

Salam Guru Loyal. Di artikel yang ini, kami akan membahas sedikit tentang apa yang dimaksud dengan berita acara kerusakan barang inventaris, mengapa kita perlu membuatnya, dan contoh atau format berita acaranya. Ini sekaligus akan menjawab pertanyaan Anda yang ingin membuat berita acara yang dimaksud bila suatu waktu ada inventaris sekolah yang mengalami kerusakan mulai dari ringan hingga berat.

Pembahasan satu per-satu bisa Bapak/Ibu baca di bawah ini.

Berita acara kerusakan barang inventaris merupakan laporan sekaligus catatan terkait inventarisasi (pengelolaan inventaris) yang di dalamnya menerangkan nama benda, jumlah dan keadaan barang pada waktu terakhir di data.

Di sekolah, tugas ini dipegang dan dibebankan kepada bagiannya yakni operator pendataan barang sekolah. Namun pada beberapa kasus, penanggung-jawab dari tugas tersebut juga dapat dipegang oleh wakil kepala bidang sarana dan prasarana.

Seberapa penting berita acara tersebut sehingga perlu dibuat?

Untuk menata segala jenis administrasi sekolah terutama dalam hal pengelolaan barang, berita acara ini kedudukannya penting sebagai bukti bahwa barang yang di-hibah-kan atau diberikan oleh pemerintah maupun dari donatur dapat di data dengan baik dan rapi. Sehingga, kepercayaan dari orang yang memberikan barang inventaris pun dapat kita jaga, dan akhirnya mereka pun percaya dan mau memberi lagi di kemudian hari.

Bagaimana contohnya?

Untuk mengetahui seperti apa berita acaranya, Anda dapat melihat formatnya pada gambar berikut.

format berita acara kerusakan barang inventaris sekolah
"klik gambar untuk memperbesar tampilannya"

Seperti yang dapat kita lihat, formatnya terdiri dari judul, kalimat keterangan, tabel, mengetahui kepala sekolah dan pengurus barang, serta yang terakhir adalah tim inventarisasi aset.

Pada bagian tabel dapat dilihat ada beberapa kolom yang masing-masing memuat keterangan seperti: nomor, nama, kode barang, type, tahun penerimaan (diterimanya barang dari penyumbang), jumlah unit barang, dan terakhir adalah keterangan.

Masing-masing kolom tersebut dapat diisi sesuai dengan semestinya (sesuai dengan judul kolomnya). Pada kolom yang paling kanan (berisi "keterangan"), kita dapat mengisi itu dengan deskripsi singkat keadaan atau tingkat kerusakan barang yang kita data.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan. Apabila Bapak/Ibu petugas pendataan barang ingin membuatnya, silakan ikuti format pada gambar di atas. Dan Anda bisa membuatnya di Word. Namun, apabila ingin mendapatkan format dalam bentuk document, silahkan mendownload file doc nya.

Semoga pembahasan yang singkat dan sederhana ini sedikitnya dapat berguna bagi kita semua. Mudah-mudahan, dengan ditulisnya artikel ini dapat membantu dalam pembuatan berita acaranya.

0 Response to "Berita Acara Kerusakan Barang Inventaris"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel