Aplikasi Kuitansi BOS Berbasis Excel

Kuitansi merupakan lembaran yang berfungsi sebagai bukti adanya transaksi keuangan antara kedua belah pihak. Di dalamnya terdapat pernyataan bahwa pihak 1 telah menerima sejumlah uang dengan nominal tertentu dari pihak ke-2 untuk pembayaran sesuatu (baik barang maupun jasa).

Kuitansi penting untuk dimiliki jika mengingat kegunaannya. Terutama bagi bendahara yang erat kaitannya dengan transaksi jual-beli barang maupun jasa. Berbicara tentang kuitansi dan kaitannya dengan bendahara, sebenar tidak hanya bendahara yang bersifat umum saja yang memerlukan itu, bendahara sekolah pun sama membutuhkannya.

Mengingat sekarang ini bendahara di SD & SMP selalu membutuhkan kuitansi sebagai media penulisan transaksi keuangan, terlebih lagi, uang yang didapatkan oleh sekolah dasar dan sekolah menengah pertama itu bersumber dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Oleh sebab itu, sudah semestinya bendahara memiliki kuitansi yang cukup untuk mencatat setiap penggunaan dana BOS untuk keperluan sekolahnya.

Aplikasi Kuitansi BOS Berbasis Excel


Ini tentunya bukan sekadar mencatat saja, melainkan juga sebagai bukti pengeluaran dana bantuan tersebut agar nantinya mudah di SPJ kan atau dicantumkan dalam laporan keuangan sekolah melalui aplikasi pelaporan keuangan BOS (dikenal juga dengan ALPEKA).

Berdasarkan penuturan di atas, pertama-tama kami ucapkan selamat datang kepada para bendahara SD dan SMP di mana pun Anda berada.

Pada artikel ini kami akan share file berupa xls, yakni sebuah aplikasi kuitansi berbasis excel yang dapat digunakan untuk oleh Bapak/Ibu bendahara di SD untuk keperluan mencetak bukti penggunaan dana BOS (bantuan operasional sekolah) yang bersifat kecil (seperti pembelian barang atau jasa yang tidak memungkinkan penjual-nya membuatkan nota atau bon untuk pihak sekolah).


Manfaat aplikasi tersebut diantaranya yaitu:

  • Sebagai media perantara untuk mencetak kuitansi berdasarkan desain sederhana yang ada di dalamnya
  • Setelah kuitansinya dicetak, ini akan bermanfaat bagi bendahara ketika kuitansi yang dibeli sudah habis dan tidak mempunyai cadangan.

Menu aplikasi terdiri dari:
  • Data umum - pada menu tersebut terdapat form pengisian data meliputi nama sekolah, kecamatan, nama kepala dan NIP nya, dan nama bendahara serta NIP
  • Kuitansi - dalam menu ini kita dapat melihat format kuitansi sederhana yang sudah siap cetak
  • Transaksi - di menu yang terakhir ini kita bisa melihat se-deretan tabel (cell) yang harus diisi berdasarkan nomor urut, terima dari, uraian (rincian barang atau jasa yang dibayar), jumlah (nominal uang), tanggal lunas pembayaran, kota, tanggal, nama toko (jika ada), dan penerima uang.
Demikian deskripsi dari aplikasi gratis dan sederhana yang dapat kami bagikan dalam bentuk file xls tersebut di atas.

Bagi Ibu/Bapak bendahara yang membutuhkannya, Anda dapat mendownloadnya melalui tautan berikut.

Sekian pembahasan sederhana yang dapat kami sampaikan. Semoga yang kami tulis dalam artikel ini bisa berguna bagi bendahara SD dan SMP yang membutuhkannya.

Selamat beraktivitas kembali dan semoga hari ini menyenangkan.

0 Response to "Aplikasi Kuitansi BOS Berbasis Excel"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel