Contoh Program Kerja Kesiswaan SMA Doc

Contoh program kerja kesiswaan SMA doc yaitu program kerja berupa document yang dibagikan untuk waka (wakil kepala sekolah) bagian kesiswaan yang bekerja di SMA. Anda dapat menggunakannya sebagai bahan untuk menyusun program tersebut, sehingga Anda akan memiliki gambaran jelas bagaimana bentuknya ketika ingin membuatnya.

program kerja kesiswaan sma


Sebelum itu, silahkan dibaca terlebih dahulu pembahasan berikut.

1. Apa itu program kerja kesiswaan?

Program kesiswaan yaitu seperangkat perencanaan yang dibuat oleh wakil kepala sekolah urusan kesiswaan untuk menjalankan dan memaksimalkan kinerjanya baik dalam jangka pendek, menengah atau pun jangka panjang, demi mewujudkan kinerja dengan hasil yang optimal.

Dengan adanya program kerja yang jelas, kegiatan yang berkait dengan siswa akan lebih terarah dan tingkat keberhasilannya pun lebih besar.


2. Fungsi

Setiap program kerja tentu memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa fungsi program kesiswaan, diantaranya yaitu:

  • Sebagai administrasi wajib bagi kesiswaan
  • Sebagai acuan kerja dalam menjalankan kegiatan yang bersangkutan dengan siswa
  • Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap jabatan yang diberikan oleh kepala sekolah
  • Meningkatkan profesionalisme kerja.


3. Susunan program kesiswaan yang penting dan mesti ada

Berikut adalah susunan program kerja yang harus ada, meliputi:
  • Pendahuluan; meliputi latar belakang, tujuan, ruang lingkup pembinaan kesiswaan, sasaran pembinaan, hasil yang diharapkan dan strateginya.
  • Uraian dan mekanisme pembinaan; meliputi program pembinaan OSIS dan pembinaan ekstrakurikuler, program unggulan baik yang bersifat akademik atau non-akademik
  • Penutup.

4. Contoh program kerja:

Semoga pembahasan dan document yang dibagikan dapat bermanfaat bagi Bapak sekalian yang sekarang mendapatkan kepercayaan dari kepala sekolah untuk melaksanakan tugas tambahan sebagai kesiswaan di SMA Anda.

0 Response to "Contoh Program Kerja Kesiswaan SMA Doc"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel