Contoh Daftar Nilai Hasil Belajar Siswa SD KTSP

Salam Guru Loyal, senang dapat berjumpa kembali.

Sekarang kami akan membagikan contoh daftar nilai hasil belajar siswa untuk guru sd format kurikulum 2006 atau KTSP. Untuk mempermudah pengeditan, maka bersama artikel ini disediakan link download ke file .xls (excel) daftar nilai hasil belajar siswa.

Hasil belajar siswa merupakan data nilai berupa angka dengan rentang 0 - 100, ataupun berupa huruf dari kisaran A sampai D terkait hasil dari proses belajarnya selama 1 ataupun 2 semester (se-tahun). Nilai tersebut diperoleh dari berbagai jenis ulangan, mulai dari ulangan harian, tugas, UTS, UAS, dan UKK. Seluruh nilai yang didapat itu kemudian dikalkulasikan sehingga menjadi nilai akhir raport.

contoh daftar nilai hasil belajar siswa sd ktsp


Sama seperti administrasi guru yang lain, daftar nilai juga termasuk dokumen penting yang mesti dimiliki sebagai bahan evaluasi untuk guru dalam meneliti dan memperbaiki proses pembelajaran di kelas bilamana pencapaian hasil belajar para siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Fungsi utama daftar nilai adalah untuk mencatat dan mengarsipkan setiap nilai yang diraih siswa untuk semua jenis tes yang diberikan oleh guru terhadap siswa/siswi --nya.

Kita tahu bahwa format untuk daftar nilai siswa pada kurikulum KTSP itu lebih simpel dan mudah dipahami cara mengisinya. Pengisian blanko-nya tidak terlalu banyak dan kompleks. Oleh sebab itu kami lebih senang membagikannya.

Format daftar penilaian siswa berupa excel meliputi:
  1. Identitas Sekolah - terletak di atas, berisi judul, nama sekolah dasar, dan tahun pelajaran (contoh dalam artikel ini merupakan daftar nilai untuk tahun pelajaran 2016/2017 atau yang terbaru).
  2. Identitas mata pelajaran - berisi nama mapel, kelas, semester, dan KKM.
  3. Tabel - berisi kolom no urut dan nomor induk, nama siswa, L/P, nilai harian dengan rata-ratanya, tugas, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian kenaikan kelas, dan nilai raport.
  4. Tanda tangan guru kelas atau guru mata pelajaran beserta kepala sekolah.
Untuk mendapatkannya, silahkan download di bawah.
Jika berminat, lihat juga: Aplikasi Raport SD K13.

Dan untuk menambah wawasan kita sebagai guru, kita sebaiknya membaca: pedoman penilaian siswa berdasarkan KTSP.

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.
Mudah-mudahan file excel ini bermanfaat dalam membuat daftar nilai, sehingga Bapak/ Ibu dapat merekap manual data hasil belajar siswa di sekolah dasar sendiri berdasarkan kurikulum KTSP.

0 Response to "Contoh Daftar Nilai Hasil Belajar Siswa SD KTSP"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel