Cookie Consent by Privacy Policies Generator

Buku Penghubung Guru Kelas dengan Orang Tua Siswa

Artikel ini berisi penjelasan tentang apa itu buku penghubung guru dengan orang tua/wali siswa, mengapa perlu dibuat, apa manfaatnya dan bagaimana contoh bukunya.

Buku penghubung adalah se- berkas buku yang dibuat dengan format tertentu dan berfungsi sebagai media komunikasi tertulis antara guru dengan orang tua siswa/murid. Melalui buku ini guru dapat menginformasikan kepada orang tua anak terkait perkembangan anaknya saat di kelas atau di sekolah. Perkembangan tersebut bisa meliputi aspek kognitif, psikomotor dan segi afektif (sikap) dalam keseharian siswa saat di sekolah ataupun ketika mengikuti proses pembelajaran. Namun, pada umumnya buku penghubung sering digunakan untuk memberitahukan permasalahan yang terjadi pada siswa. Selanjutnya, guru memanggil orang tua dan membicarakan apa masalah yang dihadapi anaknya, dan kemudian mencari solusi/ tindak lanjut untuk masalah tersebut. Itulah alasan mengapa buku yang termasuk suatu administrasi guru yang penting untuk dibuat.

Buku Penghubung Guru Kelas dengan Orang Tua Siswa di SD


Manfaat buku penghubung guru kelas dengan orang tua, meliputi:
  1. Dapat dijadikan sarana/ media komunikasi tertulis
  2. Dapat menjalin komunikasi yang baik antara pihak sekolah (khususnya guru kelas) dengan pihak orang tua siswa di rumahnya
  3. Dapat dijadikan bukti bahwa guru kelas telah menjalankan kewajibannya sebagai wali kelas
Di bawah ini disediakan Contoh Buku Penghubung.
Semoga file .doc ini berguna bagi Ibu/ Bapak Guru dalam membuat buku penghubung untuk keperluan komunikasi dengan orang tua para siswa yang menyekolahkan anaknya di SD tempat kita bekerja.

0 Response to "Buku Penghubung Guru Kelas dengan Orang Tua Siswa"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel