Contoh Program Kerja Ujian Kenaikan Kelas (UKK)

Halo Guru Loyal... di sini kami akan membahas apa itu UKK, fungsi, alasan harus membuat program kerja sebelum pelaksanaan UKK, dan contoh program kerja UKK untuk panitia pelaksana. 

Apa itu UKK?

UKK merupakan singkatan dari Ujian Kenaikan Kelas. Ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan pada setiap semester 2 (dua). Ujian tersebut merupakan salah satu penentu keberhasilan belajar siswa yang menentukan naik kelas atau tidak naiknya seorang siswa ke kelas berikutnya.

Fungsi UKK

Fungsinya antara lain:
  1. Sebagai sarana untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa selama satu tahun belajar
  2. Sebagai bukti terlaksananya program sekolah pada RKS
  3. Sebagai indikator pelaksanaan evaluasi bagi guru dan sekolah.

Mengapa program kerja UKK harus dibuat?

Alasan pembuatan program kerja kegiatan UKK yaitu:
  1. Sebagai arsip bukti bahwa UKK telah dilaksanakan
  2. Sebagai rancangan kerja bagi panitia pelaksana agar pekerjaan dapat terorganisir dengan baik
  3. Memaksimalkan kinerja panitia dalam melaksanakan kegiatan.

Contoh program kerja ujian kenaikan kelas atau UKK

Contoh program kerja UKK atau ujian kenaikan kelas merupakan contoh program kerja yang kami bagikan bagi para panitia UKK (khususnya panitia di SMP) yang akan melaksanakannya di semester dua pada tahun ajaran ini.

Maksud dibagikannya program kerja UKK tersebut adalah untuk berbagi contoh atau format yang mungkin dapat membantu guru yang ditugaskan menjadi panitia UKK, sehingga penyusunan program kerjanya dapat tuntas tepat waktu. Selain itu, ini bisa menjadi salah satu koleksi di galeri contoh administrasi sekolah terkait pelaksanaan ujian kenaikan kelas.


Contoh program kerja diharapkan bisa menjadi salah satu referensi yang dianggap baik dan layak untuk dicontoh oleh semua sekolah, khususnya SMP.

Kami membagikan contoh program UKK ini dalam bentuk file word document. Anda bisa mengunduh (download) bila menginginkannya, gratis.Setelah itu, Anda juga bisa mengedit sepatah dua patah kata yang mungkin perlu diperbaiki penulisannya, sehingga terbentuklah program kerja UKK sesuai harapan.

Berikut ini merupakan screen shot program kerja UKK (lihat di bawah).

Contoh Program Kerja Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
Semoga kita semua terbantu dengan adanya postingan ini, sehingga saat program kerja UKK telah selesai, kita telah memiliki pengetahuan dasar mengenai ujian kenaikan kelas dan contoh program kerjanya pun telah dimiliki.

0 Response to "Contoh Program Kerja Ujian Kenaikan Kelas (UKK)"

Post a Comment

Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.